6 Tanda Anda Perlu Service Sofa

Salah satu benda yang bisa dikatakan sebagai perabotan yang hampir ada, bahkan wajib ada di setiap rumah adalah sofa. Hal ini dikarenakan dalam menyambut tamu atau keluarga yang datang berkunjung ke rumah, disuguhkan untuk duduk di sofa yang empuk dan nyaman. Jika suasananya sudah nyaman, maka ketika berbincang-bincang akan menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Namun, tentu saja seiring dengan bertambahnya usia dari sofa, maka Anda mungkin saja menemukan beberapa kondisi sofa yang sudah tidak nyaman lagi untuk digunakan. Karena itu, kenali beberapa hal yang menandakan bahwa Anda perlu service sofa Anda.

Ada Perubahan Warna
Semakin lama suatu sofa, maka akan semakin lebih cepat pudar dan kehilangan warna aslinya. Jika hal ini terjadi, maka sofa tersebut jadi tidak menarik dan terlihat lebih kusam. Ditambah, jika Anda meletakkan sofa di bagian rumah yang terpapar oleh sinar matahari secara langsung. Sinar matahari akan membuat perubahan warna pada sofa semakin cepat. Hal ini diperburuk juga pada saat membersihkan sofa, Anda tidak menggunakan bahan-bahan khusus untuk membersihkannya.

Pecah, Terkelupas, dan Robek
Tiga masalah ini paling sering terjadi pada sofa-sofa yang terbuat dari bahan dasar kulit. Mungkin saja, sofa Anda juga mengalami hal yang sama. Kondisi seperti ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang secara langsung dan berlebihan. Tak hanya itu, usia juga menjadi salah satu faktor utama. Karena pastinya semakin tua usia sofa, menandakan semakin sering sofa tersebut digunakan dan diduduki dan lama kelamaan akan timbul masalah pada lapisan luar sofa yang bersentuhan langsung.

Berjamur dan Berkutu
Tinggal di rumah dengan daerah yang curah hujannya cukup tinggi dan tingkat kelembapan yang tinggi pula, Anda perlu lebih hati-hati dalam merawat perabotan. Jamur akan sangat mudah tumbuh dan berkembang di tempat yang lembap. Jika Anda melihat di sofa Anda tidak terdapat jamur, tapi belum tentu sofa Anda tidak berjamur. Karena, mungkin saja jamur tumbuh di bagian dalam sofa. Sama halnya dengan kutu yang mudah berkembang biak di sofa dengan bulu-bulu yang halus dan lembut. Kutu dan jamur tentu sangat mengganggu karena bisa membuat kulit jadi gatal-gatal dan tidak baik untuk kesehatan dan kebersihan rumah. Oleh karena itu, letakkan sofa di tempat yang kering dan hangat, tapi tetap hindari dari sinar matahari langsung karena dapat merusak sofa. Jamur dan kutu juga bisa dibersihkan dengan alat khusus dan pembersih khusus.

Berbau Tidak Sedap

Bau tidak sedap juga bisa muncul sebagai akibat dari adanya jamur atau kutu karena kondisi sofa yang lembap. Karenanya, Anda juga perlu menjemur sofa atau mengangin-anginkan agar bau tidak sedap itu bisa hilang. Jika tidak sempat, Anda juga bisa menggunakan beberapa benda yang bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap. Misalnya bubuk kopi dan soda kue yang bisa diletakkan di dekat sofa, atau menggunakan cuka dan bunga-bungaan wangi yang dicampur dengan air dan disemprot ke sofa.

Lembek

Jika duduk di sofa yang empuk, memang rasanya nyaman sekali. Namun, perlu diperhatikan di sini bahwa empuk dan lembek ini berbeda. Seiring dengan semakin lamanya sebuah sofa, lama kelamaan sofa akan jadi lembek. Hal tersebut dikarenakan beban yang ditahan oleh sofa tersebut. Ditambah lagi jika sofa hanya diduduki pada sisi tertentu saja sehingga rasanya sofa jadi tidak seimbang ketika diduduki.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »